Senin, 24 Juli 2017

PENGENALAN .NET FRAMEWORK


Hello gan, postingan kali ini ane akan memberikan sedikit ilmu tentang PENGENALAN .NET FRAMEWORK. Namun sebelumnya agan harus memahami dulu Visual Basic (VB) secara keseluruhan.

Net  Framework  adalah  suatu  lingkup  yang  memiliki  beberapa  bahasa pemograman  di dalamnya  yang  mampu  meminimalkan  proses  dalam pembangunan  suatu  aplikasi  atau  suatu  sistem  informasi  dalam  linkungan terdistribusi  internet.  Di  dalam  .Net  Framework  menyediakan  lingkungan pemograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming (OOP) yang konsisten  meskipun  kode  objek  disimpan  dan  dijalankan  secara  lokal  tetapi dapat dijalankan secara remote. 
.NET Framework terdiri dari dua buah bagian utama, yaitu Common Language Runtime (CLR) dan  Base Class Library (BCL) 
1.    Common Language Runtime (CLR) adalah pondasi utama dari .NET Framework , CLR merupakan komponen yang bertanggung jawab pada berbagai hal, seperti bertanggung jawab untuk melakukan pengaturan memory, melakukan eksekusi kode, melakukan verifikasi terhadap keamanan kode, menentukan hak akses dari kode, melakukan kompilasi kode, dan berbagai layanan system lainnya.
2.    Base Case Library (BCL) bersifat berorientasi terhadap objek yang akan menyediakan jenis dari fungsi-fungsi  pengaturan kode.
Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa .Net Framework memilki beberapa bahasa pemograman  di  dalamnya,  termasuk  VB.Net,  maka  struktur  .Net  Framewok paling utama dibangun oleh bahasa pemograman .Net. Dapat rekan-rekan lihat di bawah ini untuk struktur dasar .Net Framework ;



Visual Studio mencakup Kompiler (penyusun)SDKIntegrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++Visual C#Visual BasicVisual Basic .NETVisual InterDev,Visual J++Visual J#Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.
Microsoft Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code (dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows) ataupun managed code (dalam bentuk Microsoft Intermediate Language di atas .NET Framework). Selain itu, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar